Postingan

seri diskusi seru, mungkin akan ada part selanjutnya

"Mum,mandi yuk sudah sore, katanya kemarin mau mandinya sore kan bukan malam lagi"
"engga mau,ibu"
"ya Allah nak, kemarin mu sudah janji lho sama ibu", " kan kita harus menepati janji"
lanjut mau kabur....aaah...masalah ini kok kayaknya dari usia 3 tahun sampai sekarang 4 tahun ternyata belum lulus juga ya ibunya. Dulu waktu masih 3 tahun saya masih inget sekali betapa stress dan desperado#lebay nya saya menghadapi tantangan ini setiap hari. kayaknya simpel tapi kok ya kemakan emosi banget, nah kali ini saya mencoba cara diskusi panjaaang dan lebar. menjelaskan janji si anak kemarin yang katanya mau nurut sama ibunya untuk mandi di sore hari. Sampai akhirnya saya menanyakan  "mum, ini ibunya bukan ya?", "Bukan", katanya. lah?!
       Akhirnya saya persilakan dengan sopan "mum, kalo ini bukan ibunya silakan keluar rumah ya", lanjut dia keluar rumah dengan tertibnya. lalu pintu saya kunci dan saya tinggal sholat seben…

Latihan menabung

Untuk latihan menabung ini sebenarnya sudah lama saya ajarkan tetapi hanya ketika di sekolah saja, ketika di rumah diajarkan ya hanya berhasil ngerti sampai disuruh memasukkan uang ke dalam celengan....>.< nah saya masih merasa kurang ilmu untuk memahamkan definisi dan cara menabung yng lebih baik. Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi.

Meminta kepada sang Maha Pemberi

Seperti biasa, kakak bilang kalau dirinya kepengen bisa ke Balikpapan. Entah kenapa anak ini seneng banget kalo diajak jalan2 dan sa ngat menikmati prosesnya. Akhirnya saya jawab, kak, kalo mau minta jalan2 ke Balikpapan itu mintanya ke Allah, sholat dan berdoa, tadi sudah sholat belum? sudah berdoa belum? nah karena usiany yang hampir 4 tahun ini dia belum ngeh denganjadwal sholat, tapi kalo ditanya seperti itu dia jadi kayak malu2 gitu, kadang langsung ke kamar sholat lalu sholat dan berdoa, atau kadang cuman malu saja tanpa tindakan. jadi sekarang kalo mau sesuatu dia akan langsung berdoa atau sholat. Insyaallah lama2 nanti mulai ngerti ketika diberi penjelasan.

KONSEP DIRI

Apa sih itu konsep diri? kemarin ketika berkesempatan mengikuti seminar di Samarinda bersama mba Dinari dari Balikpapan, banya dibahas menggunakan kata-kata konsep diri. Sejujurnya saat itu masih belum megerti apa maksud dari konsep diri tersebut. Menurut hasil gugling di wikipedia konsep diri adalah pandangan dan sikap individu terhadap diri sendiri. Pandangan diri terkait dengan dimensi fisik, karakteristik individual, dan motivasi diri. Pandangan diri tidak hanya meliputi kekuatan-kekuatan individual, tetapi juga kelemahan bahkan juga kegagalan dirinya. Jadi semisal ada yang bilang hey kamu kok item sih, namun ketika kita ga minder dan bahkan tetap yakin bahwa ya ini adalah karunia dari Tuhan yang memang harus kita syukuri, ini adalah yang terbaik menurutNya, berarti kita sudah punya konsep diri yang bagus, kalo kata kirana (putri mba retno hening) gapapa i love my self. Nah, dulu ketika saya masih kecil kalo misal ada yang bilang sesuatu yang menurut saya konotasinya neg…

mengajarkan anak tentang uang dan kebutuhan

Si kakak biasanya ikut ibu atau ayahnya ke atm untuk mengambil uang, dan momen yang paling ditunggu olehnya adalah ketika si mesin mengeluarkan uang lalu diambilnya dan diserahkan ke ortunya. Suatu ketika pas sedang lewat plaza ATM  dia nyeletuk "Bu, kok ga beli uang?" tanyanya, Lah kak masa uang dibeli, lalu belinya pakai apa?, saya balik nanya ke dia, akhirnya dia hanya tersenyum, mungkin berfikir juga, hehe...
pas hari ini ada rencanauntuk membuat kue, lalu saya bilang ke kakak,Kak,kita mau ke toko ya,ibu mau beli tepung. Sesampainya disana ternyata ada barang yang mesti saya beli juga, nah kan jadi berubah dari rencana awal yang tadinya hanya beli tepung lalu merembet ke jajan juga. Saya tanya ke dia, tadi kita ke toko mau beli apa kak?Tepung bu, nah ini kok jadi banyak ya? boleh ga ya? ga boleh, kan ga boleh jajan...naaah itu yang ibu tunggu, jadi sudah lumayan paham lah ya .


Aliran Rasa ke 7

alhamdulillah akhirnya ada juga kesempatan untuk menulis aliran rasa yang sebenarnya sudah hamoir seminggu ada dipikiran. Untuk tantangan bunsay ke 7 ini, yang untuk saya pribadi kegiatannya masih berjalan sampai sekarang, saya jadi merasa ga ingin kehilangan moment dimana anak sayamerasa enjoy dan betah banget dengan suatu kegiatan. yang tadinya ga pernah didokumentasikan sekarang berkat adanya tantangan ini saya setiap hari jadi menawarkan kegiatan beraneka rupa dan mendapat respon beraneka rupa juga. Kesulitan saya adalah ketika anak sesaat bilang suka sesaat kemudian berubah, lalu jadi galau banget si emak ini, saya benar2 bingung antara sebenarnya saya tau dia suka tetapi dia bilang ga suka dan itu berubah2...hahaha...lah malah bikin emak galau ya nak, mungkin mau ngetes emaknya sebenernya ngerti dirinya atau tidak. Selain jadi lebih sering mengamati dan mendokumentasikan walau hanya tulisan singkat di evernote, saya merasa puas, karena ingatan saya terbatas untuk mengingat hal2…

kenapa kita puasa arafah?

kenapa?
bukannya puasa arafah itu buat yang di arafah?
          Itu adalah beberapa lontaran pertanyaan dari teman di telepon. Lah , saya sendiri yang saat itu juga sedang berpuasa kok ga ngerti juga ya mau jawab apa. Yang saya tau kalo besoknya idul Adha ya berarti sehari sebelumnya puasa arafah dan katanya puasa arafah menghapus dosa 1 tahun sebelum dan sesudah, tapi alasan kenapa kita puasa arafah itu kok ya saya ga punya ilmunya. Dari pertanyaan teman yang ga bisa saya jawab itulah saya mulai searching, apa sih puasa arafah dan lain sebagainya.        Jadi gini, puasa arafah itu adalah puasa di tanggal 9 dzulhijah bagi yang tidak melaksanakan haji, jadi berbarengan ketika jamaah haji wukuf ya hari itulah kita puasa arafah, hukumnya adalah sunnah muakkad yaitu sunnah yang sangat dianjurkan. Untuk yang sedang  melaksanakan haji mereka melakukan wukuf di arafah, wukuf adalah inti dari ibadah haji, jadi kalo haji tidak melaksanakan wukuf maka hajinya tidak sah. Wukuf artinya hadir da…